Tips Praktis Ke Bali Untuk Anda Pemula

Mungkin anda pernah dengar, Teman atau sahabat anda pernah berkata bahwa tak lengkap jika tak pernah berwisata ke Bali, apalagi kita tidak harus terbang jauh dan untuk seorang yang berkebangsaan Indonesia. Nyatanya, selalu ada pengalaman pertama untuk setiap tempat.

Sangat tepat sekali anda mengetahui ini semua, Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Bali untuk pertama kalinya, berikut beberapa tips praktis merencanakan wisata di Bali.

Naik apa ke Bali?
Sangat mudah memilih atau menentukan alat transportasi untuk menuju ke bali ada berbagai cara sampai di Bali,seperti contoh yang kami berikan dan biasanya di ambil salah satunya dari wisatawan.
Jalur Cepat dengan Pesawat?
Dengan pesawat anda akan menempuh perjalanan sangat cepat sekali tidak lebih dari atau kurang dari 2 jam anda sudah sampai bali dan sudah bisa menghirup udara bali ! Bahkan seperti yang anda tahu bahwa banyak sekali maskapai penerbangan memberikan berbagai promo murah untuk ke Bali, karena bali adalah best destination banyak orang, tiket tiket murah harga di bawah Rp.400.000 one way atau sekali trip banyak di tawarkan oleh agen agen tiket pesawat,mulai discount 50 % dan sebagainya ! Hampir semua maskapai berlomba lomba untuk mendapatkan penumpang ke Bali, berbagai hal di lakukan untuk memenuhi cabin pesawat sehingga keberangkatan full book oleh wisatawan yang ingin menikmati Bali.di internet juga banyak bertebaran tiket pesawat murah ke Bali, Kalau memang ada rencana sebaiknya pesan jauh hari atau setahun sebelum anda ke Bali ! Bisa jauh lebih murah dibandingkan anda membeli yang sifatnya mendadak ! apapun seperti itu jadi persiapkan diri anda dengan matang !
Jalur lamban Naik Bus?
Jika jalur darat anda bisa menggunakan transportasi Bus , dimana transportasi bus ini jauh lebih murah apalagi sedang ada promo harga bisa Rp.250.000 dan anda samapai di Bali di terminal ubung ! bahkan sekarang sudah ada paket mini bus travel yang bisa anda pesan untuk sampai di Bali, banyak cara selain itu juga anda bisa menggunakan kendaraan pribadi bila ada waktu luang yang panjang untuk berlibur ! akan tetapi kita semua pun tahu bila menggunakan jalur darat tidak secepat naik pesawat, semua tergantung budget yang anda siapkan untuk liburan anda di Bali.

Kapan waktu terbaik datang ke Bali?
Banyak yang masih ragu kapan sebaiknya ke bali, sebenarnya setiap waktu bali selalu siap menerima wisatawan kecuali hari Raya Nyepi Semuanya Tututp tak ada Lampu! Karena Sepanjang tahun merupakan waktu yang baik untuk berwisata ke Bali. Hal ini karena Bali menawarkan beragam aktivitas dan tempat wisata. Out door dan in door semua sudah disiapkan ,Di kala hujan, Anda bisa saja mengunjungi museum dan pusat kesenian.

Namun, jika Anda mengincar pantai atau wisata bahari dan gunung, maka pilih di musim-musim kemarau atau bulan-bulan minim hujan, dimana perjalnana anda tidak terganggu oleh cuaca hujan dan sekitar antara April sampai September. Akan tetapi sekarang cuaca tidak bisa di tebak kadang musim hujan malah tidak ada hujan, seperti yang anda ketahui alam mulai tidak bersahabat dengan kita itupun karena kita sudah tidak peduli dengan alam,maka dari itu yuk kita peduli dengan Bumi dan isinya !

Selain itu, beberapa hal untuk lokasi wisata anda sangat perlu memperhatikan hal ini. Anda perlu memperhatikan musim padat kunjungan atau high season maupun peak season. Di masa-masa ini, harga-harga akan naik, terutama untuk tiket pesawat, rental mobil, dan akomodasi. Kenaikan harga bisa mencapai 25 sampai 100 persen. Musim padat kunjungan adalah pada bulan Juni-Agustus dan November-Januari. Tapi untuk setiap harinya kurang lebih 3000 wistawan dari seluruh dunia termasuk domestik dan lokal.

Naik turunnya minyak sangat mempengaruhi di semua sektor,Tak hanya harga yang naik, saat ini pun Bali akan ramai dipadati turis. Jadi bersiap untuk kondisi jalanan yang lebih macet dan obyek wisata yang lebih ramai. Hal ini sudah tradisi di Bali liburan panjang Bali menjadi sorotan wisata liburan!

Menginap di mana?
Ini berita gembira untuk anda begitu banyaknya hotel yang dibangun di bali maka kesempatan untuk mendapatkan hotel masih gampang ! Nah, sebelum Anda mencari tahu akomodasi di Bali, tanyakan terlebih dahulu, kemana tujuan utama anda daerah mana di Bali yang ingin Anda kunjungi. Biasanya, untuk turis yang pertama kali ke Bali akan langsung menuju daerah selatan Bali yang memang pusat keramaian wisata di Bali.seperti pantai Kuta !

Daerah selatan yang tenar adalah kawasan Kuta. Di Kuta banyak tempat penginapan. Anda tinggal sesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Jika Anda mencari penginapan murah di bawah Rp 300.000 per malam, Anda bisa mencarinya di kawasan kuta area ini di sekitar Gang Poppies (1 dan 2), Jalan Three Brothers, Jalan Raya Tuban, Gang Puspa Ayu, sampai Jalan Bakung Sari dan banyak lagi tempat tempat murah yang disewakan harga bersaing.

Masuk ke gang-gang kecil dari jalan utama seperti Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Tuban, maka Anda akan menemukan hotel-hotel kecil ala guesthouse yang murah. Beberapa malah seperti kos-kosan dengan harga bisa di bawah Rp 100.000.

Mau yang lebih mewah?
Hotel-hotel berbintang dan diamon pun bisa Anda temukan di kawasan Jalan Kartika Plaza, Jalan Legian, dan Jalan Raya Kuta. Vila-vila mewah bertebaran yang menawarkan privasi, dapat Anda temukan di kawasan Seminyak seperti di Jalan Drupadi. Jalan sunset road,jalan Dewi Sri, Jl Kunti

Mencari hotel bisa sebaiknya berdasarkan rekomendasi kenalan yang pernah menginap di hotel tersebut sebelumnya. Atau, jika Anda nekat baru mencari hotel saat tiba di Bali, tanyakan saja pada supir taksi tempat menginap yang bisa ia rekomendasikan.dan bila menyewa kendaraan lengkap dengan sopir di Bali, mereka juga siap memberikan rekomendasi utnuk anda !

Harus menginap di Kuta?
Jika Anda tidak terlalu senang dengan keramaian dan hingar bingar khas Kuta sebaiknya anda mempersiapkan lokasi deikit jauh seperti di Jl Dewi Sri banyak penginapan baru dan murah atau Anda bisa pilih destinasi lain di Bali. Coba daerah Sanur, Jimbaran, dan Nusa Dua yang lebih tenang.

Hampir semua hotel di bangun dekat dengan pantai dananda bisa jalan kaki untuk menikmati pantai,kalau yang berdekatan dengan pantai harganya akan lebih mahal itu saja bedanya. Hotel-hotel di Nusa Dua tergolong mahal karena berkonsep kawasan resort dan mewah. Anda juga bisa memilih menginap di kawasan Ubud yang terkesan masih alami. Namun tak ada pantai di kawasan ini. Hanya saja, Ubud berada di kabupaten Gianyar. Apabila anda ingin mengunjungi pantai anda butuh waktu dan kendaraan.

Gianyar memiliki banyak obyek wisata yang menarik, seperti Taman Nusa mini atur indonesia, kebun binatang, taman safari, wisata budaya, gunung, sampai pantai. Pilihan lain adalah kawasan Lovina, Singaraja, Harga-harga di sini masih murah, baik hotel maupun makanan. Namun jaraknya jauh dari bandara, sekitar tiga jam.dan kesan lokasi lovina ini pedesaan dengan kombinasi baru dengan wisata.

Banyak lokasi yang belung tertulis disini ! Di timur Bali, daya tarik paling dominan adalah kawasan Candidasa di Karangasem dengan pantainya yang masih relatif tak ramai. Banyak penginapan murah maupun resor mahal di kawasan ini. Pilihan lain adalah Nusa Lembongan. Ada cara santai ke nusa lembongan dengan tanpa menginap dinusa lembongan ambil saja paket mancing sambil bersenorkling.

Sementara utnuk daerah kawasan Bali Barat, Anda bisa mencoba menginap di kawasan Canggu area banyak villa villa disana dan tempat turis yang tinggal tahunan. Kawasan Canggu yang terkenal sebagai tempat selancar. Atau pilihan lainnya bisa di sekitar Tanah Lot. Jika Anda pencinta alam gunung dan udara sejuk, kawasan Jatiluwih atau di seputar Gunung Batukaru bisa menjadi pilihan. Semua area ini merupakan tempat yang masih sepi untuk di tinggali walaupun ada saja wisatwan yang menginap di sini.

Naik apa di Bali?
Kalau anda hanya memiliki waktu yang singkat lupakan angkutan umum di Bali memang murah tetapi apakah ada mau menghabiskan waktu anda hanya naik angkot atau di bali yang dikenal Bemo, dimana angkutan ini untuk durasi perjalnan anda tidak bisa di tentukan , karena stop sana dan stop sini terkadang antree sampai bemo penuh baru jalan.

Kalau anda hanya berdua atau berempat dengan budget pas bisa ambil alternatife transportasi yaitu sepeda motor banyak diseakan speda motor di kawasan wisata karena jalanan macet di Bali cuman ya agak panas panasan ! tapi Murah harga bisa anda dapat perhari sewa motor Rp.60.000 dan hemat biaya.

Pilihan lain juga ada bila anda tidak mau panas sebaiknya sewa mobil, untuk sewa mobil di Bali bisa ditemukan dimana mana di daerah pariwisata harga berkisar Rp.250.000 tanpa supir bisa anda dapatkan kalau musim sepi, tapi kalau musim ramai harga bisa berubah signifikan dan tergantung jenis mobil yang anda sewa, Ada baiknya Anda menyewa mobil sekaligus jasa supir, selain menghemat waktu tidak tersesat di jalan, Anda bisa mendapatkan rekomendasi pilihan-pilihan tempat wisata dan rumah makan.

Perlu diingat, sewa mobil dengan supir di Bali hanya untuk 10 jam. Jika pemakaian lebih dari 10 jam, maka penyewa dikenakan biaya tambahan per jam. Untuk mencari sewa mobil sangat mudah, Anda bisa lakukan reservasi melalui online.

Cara lain adalah mencari sewa mobil di bandara ataupun sekitar tempat menginap. Setiap rental mobil biasanya mematok harga tidak jauh berbeda. Namun ada baiknya Anda melalukan sedikit survey untuk mendapatkan harga terbaik.

Naik taksi bisa menjadi pilihan untuk mengantar Anda dari bandara ke hotel atau sebaliknya. Taksi di Bali relatif aman, termasuk taksi-taksi lokal Bali. Pilih taksi dengan argometer. Anda bisa juga manfaatkan fasilitas mobil antar jemput yang ada di hotel.

Makan di mana?
Mau yang mahal atau yang murah, mau yang lokal khas masakan Indonesia atau masakan asing, semua bisa Anda temukan di Bali. Berbagai kuliner dari berbagai negara dan daerah ada di Bali, nah itulah hebatnya Bali ,anda berwisata sambil + berwisata kuliner, kalau anda pencinta kuliner di balilah tempatnya.
Akan tetapi bagi kalian yang muslim banyak tempat makanan yang berada di lokasi wisata halal, Jadi anda tidak usah kawatir tentang hal itu, makanan di Bali sudah disesuaikan dengan lidah untuk bersama yang suka cabe bisa tinggal tambah saja cabenya ada dan sudah disediakan, tetapi bagi yang non muslim pasti sangat suka sekali karena bisa mencoba berbagaimakanan dan berbagai bahan yang disediakan.

Untuk Masalah makanan anda tidak bakal kelaparan di Bali, tempat romantis seperti jimbaran cafe bertebaran dikawasan jimbaran, makanan ala barat bertebaran disetiap sudut, apalagi KFC dan lain lain… semua ada !

Bagaimana kalau menginjak banten?
Jangan heran kalau anda sering menjumpai Banten atau sajen berupa bunga dan persembahan lainnya dalam wadah janur (canang sari) biasa diletakkan di pintu masuk dan area-area yang sering dilalui orang. Seringkali muncul pertanyaan bagaimana kalau tidak sengaja terinjak.

Sebenarnya tidak masalah jika memang Anda tak sengaja menginjaknya. Jika Anda menginjaknya di depan pemilik atau penjaga toko atau tempat sajen itu diletakkan, cukup berkata ”maaf”.

Sebaiknya saat berjalan, hindari dengan melewatinya, jangan sampai Anda malah sengaja menginjaknya. Sama halnya dengan saat Anda berkunjung ke pura atau tempat-tempat yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Hargai dan ikuti istiadat setempat. Gunakan pakaian yang sopan. Jika Anda mengenakan celana pendek, pakailah sarung atau kain. Beberapa tempat juga mewajibkan Anda mengenakan kain sarung dan senteng.

Jangan berjalan di depan orang yang sedang bersembahyang ataupun memotret dengan flash saat upacara berlanjung. Untuk perempuan, jangan masuk ke dalam saat sedang datang bulan.
Aturan aturan tersebut tertulis disetiap lokasi wisata yang akan anda kunjungi tujuan dari banten dan sesajen tersebut adalah menyeimbangkan dunia khususnya di Bali mereka percaya dengan melakukan ritual itu maka kita terselamatkan dari mara bahaya dan itupun utuk kalian juga yang berkunjung ke Bali. Salam Holiday !